DYANDRA and my 1st labour experience

Friday, February 08, 2013

Malam itu..Selasa,28 agustus 2012 pukul 01.35 dini hari..putri pertama kami Dyandra lahir ke dunia..melalui proses kelahiran normal..alhamdulillah

Nama lengkapnya : Dyandra Zafina Putri

Dyandra merupakan perpaduan dari nama ayah dan bundanya..Dyah and Rono..berhubung perempuann..ga mungkin kan dikasi nama "Dyandro" akhirnya digeser dikit jadi "Dyandra" kebetulan ada artinya..yaitu suci..

Zafina berarti pemenang dan Putri merupakan anak perempuan..

Sehingga arti keseluruhannya adalah anak perempuan yang suci dan kelak akan menjadi pemenang hehe..

Waktu itu usia kandungan gw baru 38 minggu..cerita punya cerita..dokter uda kasi ijin untuk di induksi alami..akhirnya dicoba deh..nah..hari minggu 26 agustus 2012 dicoba..malamnya..pas gw and suami lagi iseng makan di warteg deket rumah..ko perut gw kenceenngg bgt..ga biasa-biasanya..yaudah gw bawa santai aja..


Tapi ko lama2 ga bisa bobo..jam 1/2 11 malem..kaya ada yg keluar dari kemaluan..ternyata flek berwarna kecoklatan..langsung gw bangunin suami..kita *agak* panik..trus heboh berduaan ke dapur bikin air jahe..sangking ributnya..nyokap gw sampe turun ikut bantuin..*kata budenya suami gw..air jahe bisa mempercepat proses keluarnya si bayi*..


Nyokap gw bilang..belum itu mah..paling baru besok pagi..tidur aja lagi..


Yaudah kita tidur lagi..tapi ga tenang banget..perutnya kenceng terus..jam 1/2 3 pagi keluar lagi fleknya tapi kali ini berupa darah..langsung kita cabut ke Griya Puspa RS persahabatan..jalanan sepii..lancar jaliii..

Sampe di sana..bingung harus kmana..sama temennya suami gw dibilang suruh ke UGD aja..yaudah kita ke UGD RS Persahabatan..dibawa lah gw sama satpam ke lantai 3..udah sampai di sana..salahh..kalo pasien griya puspa ya langsung ke griya puspa..*nah loh???*


Pindah lagi ke griya puspa..adanya satpam doang..langsung naik ke lantai 4..wih..udah kaya VVIP..gw satu2nya orang yg mau melahirkan di griya puspa saat itu..masuk ke ruang persalinan tuh..dipriksa sama suster ternyata masih bukaan awal banget..disuru nunggu..gw,suami,mertua,nunggu dengan sangat galaunya sampai pagi..jam 9 dokternya dateng..dr.Ni Made Desi suratih,SpOG..tadinya dia hampir nyuruh gw pulang dulu jalan-jalan..pas periksa dalam..ternyata udah BUKAAN 3..pindah ke kamar..jalan-jalan..belum nambah juga bukaannya..akhirnya suami setuju untuk gw diinduksi pukul 13.00..


Sampee sore hari ko kayaknya ga nambah2..sakitnya doang..ternyataaa..INFUSNYA MATI sodara-sodaraaaa..-_-


Terakhir diperiksa jam 11 malam..udah bukaan 6..ga lama setelah diperiksa sama bidan..ada bunyi PLOP kenceng..trus tau2 banjir air..gw bangunin suami.."Ay..ada apa ini keluar dari kemaluanku??"..langsung panggil suster..ternyata pecah ketuban..wuih seru..langsung diboyong ke ruang persalinan..ketubannya banyak bangett..airnya sampe banjir kmana-mana..

Sejak pecah ketuban itu..rasanya udah gak keruan..kaya orang mau BAB tapi disuruh tahannn..gw sampe triak2 panggil suster ga boleh jauh-jauh..suami yg seharian berhasil menenangkan gw dengan hypnotherapy pun skrg GA MEMPAN..malah yg ada gw omelin.."Udah diem aja" kkkkk..

Dokternya manaaaa????teriak gw..kata suster uda di jalan..di jalan manaa???kkkkk...heboh 1 lorong..

Akhirnya dokter dateng..jadi tugas dokter tu cuma nangkep kepala doang ya??kikikik..suami gw videoin proses kelahiran gw..sampe dia kaget sendiri pas kemaluan gw digunting..

Jam 01.35 dyandra lahir..setelah IMD,diazanin,gw dijahit,,dokter pulang..gw bed rest ke kamar..saat itu I told my husband : "kayaknya gapapa deh aku punya anak 4"..karena sakitnya langsung ilang..


Tgl 29..kata dokter uda bole pulang tapi nunggu dia dateng..akhirnya kita beberes tuh..si baby juga udah disalinin..eh trus pagi2 gw pingin pipis..baru bangkit dari kasur..lho kok ngompol??gw santai aja..

Sampe sore dokternya ga dateng2..trus pas siang mau pipis..lho kok ngompol lagi??dalam hati gw berpikir "bilang ga ya sama dokternya?" ..somehow pas dokter dateng..gw lapor..mulut gw kaya tergerak gitu aja..dokter bilang :"tinggal sehari lagi ya..kita observasi dulu.."


Yahhhh..kecewa lah kita..wong semua barang udah dimasukin ke mobil..tapi akhirnya kita tetep memutuskan untuk pulang..tapi di tes lab dulu urinnya..akhirnya magrib gw+nyokap+baby pulang ke rumah..suami gw+mertua nungguin hasil lab gw..ternyata ada bakterinya di pipis gw..plus darah..

Pulang ke rumah..STRESS..ga siap dengan keadaan di mana semua orang excited sama kehadiran dyandra..keluarga dateng ke rumah..gw sampe marah2 ke nyokap..


Paginya..ada yg ga beres sama perut gw..perut gw keras banget kaya batu..seluruh badan gw bengkak..jalan sampai bungkuk-bungkuk karena sakit..kita berpikir itu normal aja karna abis lahiran..gw juga pake pampers karena ngompol terus..

Tanggal 31 subuh..gw ga bisa tidur..badan gw demam..gw coba tidur di kursi r.tamu..hari sabtu gw bawa dyandra ke RS HERMINA bekasi buat kontrol pertama,pluss gw juga kontrol ke dokter made..


Dokter kaget karena isi perut gw adalah URIN..langsung gw dibawa ke ruang bersalin..setelah di cateter..keluar urin sebanyak 2100 cc atau 2,1 LITER..gila !!

pantesan aja badan gw bengkak-bengkak..!!



Suami gw bolak-balik dari ruangan gw di gedung lama..ke gedung baru untuk urus dyandra..ternyata..dyandra kuning..jadi harus di sinar..

Akhirnya..gw dan baby dirawat lagi di hermina..huff..;'(

Gw mengalami infeksi kandung kemih..jadi selama 2 hari itu..gw ngompol karena gw mengalami RETENSIO URIN..yang mana ga bisa BAK secara normal..dan dipasangkan cateter ke lubang pipis gw..(Cateter warnanya kuning bisa disambung ke selang yg menghubungkan urin bag dengan cateter)..kalo menyusui gw ke jalan ke perina tempat dyandra disinar..yes..dengan nenteng-nenteng urin bag yang dimasukin ke kantong plastik..dan selangnya yang ngewer-ngewer..


3 hari dirawat..urin gw sudah kembali jernih..tadinya warnanya merah darah..trus..suster bilang gw harus bladder training..2X24 jam..yaudah gw kerjain..sampe akhirnya dyandra uda bole pulang di hari ke 5..GW BELUM BISA PIPIS NORMAL..akhirnya dyandra dirawat bareng di kamar gw..

Hari ke 7..itu adalah hari wisuda suami gw yang udah gw tungu-tunggu..hiks..sedih banget..padahal gw uda nyiapin baju bwt gw n dyandra yg cocok sama warna toganya suami gw :'(

A BUNCH OF APOLOGIZE FOR MY HUSBAND AND HIS PARENTS..i wish i could turn back the time..

Suami gw brangkat wisuda..sendirian..malamnya..gw minta pulang sama dokternya..gapapa deh rawat jalan aja..gw udah ga betah di RS..


Sama dokter boleh..jadiii gw pulang dengan tetap memakai cateter dan bawa-bawa urin bag :(


Seminggu di los..gw kontrol..ganti cateter..skrg sudah boleh bladder training(lagi)..akhirnya gw bladder training di rumah..sminggu balik kontrol..jam 9 pagi kateter dicopot..suruh nunggu 4 jam..minum yang banyak..coba pipis..daaannnn belum bisa pipis normal juga..gw ngeden sengeden-ngedennya tu pipis kaya ga kluar aja gituh..

Gw galau parah..sedih..merasa ga berguna..
setelah 3 minggu..gw dioper ke Dr.lucky..dia SpOG tapi sub spesialis uroginekologi..sama..bladder training juga..tapi kali ini udah ga pake urin bag..jadi dari kateter langsung ke toilet..jadi kalo kata suami gw..

gw kaya punya "penis" kecil..hahahaa..

Karena ga sembuh-sembuh..gw depresi..gw ketakutan..suami juga ikut stress..trus gw dikasi antibiotik yg cukup keras..sehingga gw ga boleh nyusuin dan stiap mompa asinya harus dibuang..oh dyandraa..malangnya dirimu nak :(


Trus gw lupa minggu ke berapa..gw bisa pipis!!. Tapi dikitt banget..Dokter lucky membolehkan gw pulang..untuk nyoba pipis di rumah..sampe sore blum bisa pipis lagi..PANIK..akhirnya disuru dokter lucky ke UGD di rsup..humm..memang secara level beda banget ya rsup dengan griya puspa..singkat cerita gw dipasangin cateter lagi sama dokter jaga..mas-mas gitu tapi agak melambai..


Setelah hampir 50 hari gw pake cateter..bolak-balik RS,fisioterapi,keluar uang puluhan juta,kapok hamil.. dokter lucky mau naik haji..dioperlah gw ke dokter tyas di rscm..


Hari pertama gw ke rscm..mati!..antriannya panjang kaya uler..mau parkir susahhh..di poli nya pun ngantri..begitu masuk ke ruangan..gw disambut oleh 3 dokter..bapak-bapak bermuka mesum..plus 1 dokter perempuan..dan mereka dokter magang !


Mana dokter tyasnyaaa???

Sore hari dokter tyas datang...ternyata gw sudah kesiangan..jadi disuru balik besok pagi2 untuk copot cateter dan coba pipis..


Gw bilang ke suami gw.."Ay..aku ga mau balik lagi ke rscm"..kata suami gw " makanya cepet sembuh"..


Keesokan harinya Jam 8 pagi gw ke rscm..ketemu dokter bermuka mesum itu..dicopot cateter gw..6 jam disuru balik lagi ke rs..gw ikut suami meeting di plaza semanggi..gw nyoba pipis tu..ehhhh..bisa!! Agak banyak..


Sebelum pulang gw coba pipis lagi..EHH BISAA..sampai di rscm jan 1/2 3 gw pipis lagi dan BISA lagi..

Masuk ke poli..dicek sisa urinnya ternyata tinggal 100cc..gw boleh pulang dengan tanpa cateter..


Alhamdulillaaahhh..


Sminggu setelah pulang dari rscm..gw bisa pipis normal..trus..mo coba berhubungan sama suami..jengjenggggg,,abis berhubungan..SUSAH PIPIS LAGIIIII..


Oh NO..!! Panik lagi..ternyata setelah baca2 di internet..otot pipis..BAB dan senggama itu berhubungan..jiahhh..


Tapi ga berlangsung lama..dan ga perlu sampai harus pakai cateter lagi..

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ..


Sekarang semua sudah berakhir..gw sudah bisa pipis dan kerja kembali..dyandra sudah tumbuh dengan lucunya..


Semua kembali NORMAL...mungkin Allah lagi mau mencuci bersih gw..menghapus dosa-dosa gw..mentraining gw untuk menjadi seorang wanita yang sabar dan kuat untuk suami dan anak-anak gw kelak..amiinn..:)


28 Agustus 2012 01.35 WIB-- Dyandra Zafina Putri --Welcome to the world my LOVE..

umur 1 hari..Senyumnyaa..mana tahaann...;;)

Dyandra umur 5 hari di Perina RSIA Hermina Bekasi


masuk RS lagii...infeksi kandung kemih :)


kelakuan si ayah..RS rasa hotel ya yahh..;;)


Dyandra 3 bulan..


Our HAPPY little family..ayah-bunda-si botakkk

You Might Also Like

3 comments

  1. Siang..salam kenal ya bun..

    Oia,aku kebetulan lgi hamil juga nih..dn aku baca2 blog kmu,kamu lahiran di griya puspa ya?boleh tau ga anggaran biaya untuk normal sampe brpa?dan service nya gimana?biar aku bsa siap2..hehehe..makasih bunda..

    ReplyDelete
  2. siang..maaf baru balas yaa..mudah-mudahan belum lahiran..hehe..deposit awal 6 jt bun..aku sih kmrn habis 7,5 an kayaknya..(suami yang bayar lupa euy :D)..servicenya oke2 aja sih..soalnya kmrn cuma aku sendiri yang lahiran di situ..jadi udah kaya vvip...:D

    ReplyDelete
  3. Berarti Griya Puspa pro normal, pro IMD dan pro Asi ya mba?

    ReplyDelete